Friday 12 April 2013

Sistem keamanan baru, password "pembaca pikiran"



Amerika Serikat - Mengingat password untuk banyak akun bisa mengesalkan. Anda mungkin saja salah mengetikkan password karena banyaknya akun atau perangkat yang Anda miliki. Jenis password yang satu ini, setidaknya akan memudahkan Anda. 

Para peneliti di UC Berkeley School of Information menemukan cara baru mengakses komputer atau akun dengan perangkat bernama NeuroSky Mindset. Tak perlu mengetikkannnya, pengguna cukup memikirkannya. Perangkat akan 'membaca pikiran' dan memberikan akses jika password yang dipikirkan benar. 

Dilansir Mashable, Kamis (11/4/2013), password jenis baru ini memanfaatkan pengukuran gelombang otak dengan teknologi biosensor. Dengan cara ini, mereka bisa mengganti password dengan 'passthought', demikian mereka menyebutnya, sebagai otentikasi komputer. 

Sebagai gambaran, NeuroSky Mindset berupa headset yang secara wireless terkoneksi ke komputer melalui Bluetooth. Terdapat sensor pada 'bando' yang dipakai tersebut, yang membaca sinyal electroencephalogram (EEG) dari otak. 

Seiring kian berkembangnya sistem keamanan komputer dan internet, sistem otentikasinya pun semakin beragam dan canggih. Sistem biometrik lainnya ada yang menggunakan sidik jari atau retina scan untuk akses ke perangkat. 

Sayangnya, dua cara ini terbilang masih mahal karena memerlukan perlengkapan yang lebih ekstensif. NeuroSky Mindset, diklaim lebih terjangkau dan user-friendly. Selain itu, gelombang otak setiap individu juga unik dan berbeda. Dengan demikian, meski orang lain mengetahui passthought Anda, singayl EEG yang dipancarkan akan berbeda. 

Untuk saat ini, NeuroSky Mindset masih dalam tahap pengembangan. Belum ada informasi detail, kapan teknologi ini dikomersilkan secara luas.

(rns/fyk)


sumber : www.detik.com

0 komentar:

Post a Comment