Wednesday 4 February 2015

Selamat Ulang Tahun Facebook


Selamat Ulang Tahun Facebook!

Rachmatunisa - detikinet
Kamis, 05/02/2015 11:30 WIB
http://images.detik.com/content/2015/02/05/398/113325_187265573.jpg(ilustrasi/GettyImages)
Jakarta - Facebook memperingati ulang tahunnya yang ke-11 pekan ini. Menarik jika merunut kembali perjalanan Facebook selama 11 tahun. Dari jejaring sosial yang dipakai kalangan terbatas, hingga akhirnya mendunia.

Ketika Facebook pertama kali diluncurkan pada 4 Februari 2004, desainnya masih sederhana dengan fungsi yang juga terbatas. Menariknya, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa coding thefacebook.com yang dulu menjadi nama awal Facebook, ternyata dibuat sang pendiri Mark Zuckerberg hanya selama seminggu.

Pertama kali dirilis, thefacebook dijadikan sebagai situs internal mahasiswa Harvard University. Jejaring ini pun dimanfaatkan sebagai buku tahunan kampus digital dengan informasi profil mahasiswanya.

Rupanya banyak yang tertarik menggunakannya. Hanya 5 hari setelah diluncurkan, anggota thefacebook mencapai 650 orang. Bahkan Zuckerberg sudah mengantipasi kalau-kalau anggotanya bisa lebih membludak lagi.

Membludak, iya. Namun Zuckerberg tak pernah menyangka jika situs buatannya meraksasa. Sebelas tahun kemudian, Facebook menjadi jejaring sosial yang kini kita kenal dipakai lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia.

Untuk mencapai versi saat ini, aplikasi Facebook mobile telah mengalami banyak perbaikan dengan sejumlah pro dan kontra mewarnai di setiap perubahan yang dibuatnya.

Selama 11 tahun perjalanannya pula, banyak kisah tercipta di jejaring sosial ini, serta fakta menarik.

(rns/ash) 

sumber : www.detik.com

0 komentar:

Post a Comment