Thursday 4 July 2013

TKJ



    Program Kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) adalah sebuah program kejuruan yang mempelajari seluk beluk seputar dunia jaringan komputer dan perkembangannya. Program keahlian ini mempelajari berbagai hal, dari mengenal dunia jaringan komputer, merancang, mengembangkan, dan melakukan perbaikan baik hardware maupun software dalam bidang jaringan komputer. Seperti diketahui teknologi jaringan komputer akhir-akhir ini sangat berkembang, terutama perkembangan dunia internet. Perkembangan internet yang sangat cepat ini menuntut dibutuhkannya sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di bidang jaringan komputer dalam memenuhi tuntutan pasar.
        SMK Tarunatama sebagai SMK yang sedang berkembang telah membuka program Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dengan tujuan untuk menyalurkan bakat dan mengembangkan kemampuan siswa yang berhubungan dengan  jaringan komputer. Selain itu, Prokel TKJ ini juga diadakan untuk membekali siswa dan siswi SMK Tarunatama supaya mampu memenuhi kebutuhan pasar yang membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang komputer dan jaringan. 
       SMK Tarunatama menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di Prokel TKJ. Di antaranya adalah 20 buah Netbook, Laboratorium merakit komputer, dan laboratorium jaringan komputer. Di SMK Tarunatama , siswa siswi yang mengambil jurusan TKJ dibekali kemampuan dasar tentang komputer dan jaringan, memperbaiki komputer yang rusak, merakit komputer , menginstal berbagai aplikasi, merancang jaringan komputer,  memperbaiki jaringan komputer, dan masih banyak lagi.
       Sasaran dari program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah siswa mampu dan siap untuk bekerja di dunia industri kususnya di bidang komputer dan jaringan. SMK Tarunatama juga telah meluluskan banyak siswa dengan keahlian komputer dan jaringan yang telah bekerja sesuai dengan bidangnya. Selain langsung masuk ke dunia industri, banyak pula siswa siswi yang melanjutkan kuliah untuk mengapai cita-citanya.


Peluang kerja:
       Di era globalisasi ini , banyak perusahaan-peusahaan yang sudah mengganti proses produksi mereka, dari cara manual menjadi menggunakan teknologi komputer. Cara ini di gunakan oleh perusahaan guna mempersingkat waktu dan tenaga sehingga keuntungan yang di peroleh menjadi maksimal. Bahkan bukan hanya perusahaan saja yang kini menggunakan komputer sebagai salah satu penunjang proses produksi. Masyarakat awam pun kini sudah memiliki komputer untuk memudahkan kehidupan mereka. Tapi sayangnya perkembangan teknologi jairngan komputer ini tidak diimbangi dengan  sumberdaya manusia yang menguasai teknologi jaringan komputer.
     Sebenarnya peluang kerja untuk seorang teknisi jaringan komputer ataupun orang yang mampu dan pandai mengoperasikan komputer masih sangat banyak. Banyak perusahaan , koperasi, sekolah dan badan-badan usaha lain yang membutuhkan tenaga ahli di bidang komputerisasi. Selain itu seorang teknisi jaringan komputer juga dapat membuat usaha sendiri, contohnya jasa reparasi komputer, toko komputer, warnet jasa percetakan dan masih banyak lagi.

Materi kejuruan TKJ (apa yang di ajarkan di prokel TKJ)
     1.       K3LH ( keselamatan dalam bekerja)
     2.       Perakitan
     3.       Menganalisis permasalahan komputer
     4.       Perbaikan personal komputer.
     5.       Penginstalan komputrer
     6.       Pembuatan jaringan
     7.       Penginstalan server
     8.       Cara pembuatan blog
     9.       Prosses baru pembelajar HTML
   10.   Web desain
   11.   Instalasi server

Selain belajar di kelas, peserta didik Prokel TKJ setelah masuk kelas XII akan melakukan kerja praktek di tempat-tempat yang telah menjadi mitra sekolah selama kurang lebih 2 bulan. tempat kerja praktek ini meliputi perusahaan IT, warnet, toko komputer, dan tempat kerja praktek yang berhubungan dengan dunia jaringan komputer. Melalui kerja praktek ini, diharapkan peserta didik dapat menerapkan ilmu yang mereka dapat di sekolah ke dalam dunia nyata, sekaligus membekali peserta didik sebelum memasuki dunia kerja yang nyata setelah mereka lulus nanti. (chr)


 


2 komentar: